Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Tanam

Media Tanam

By Aditya
Media tanam merupakan faktor penting untuk kita membuat suatu taman. Pada kesempatan ini saya bahas mengenai media tanam untuk Anda yang ingin membuat media tanam sendiri. Pencampuran, pemilihan dan jenis media tanam yang baik akan saya jabarkan satu persatu.
Sub soil (Lapisan tanah bagian bawah)
Sub soil adalah lapisan pertama yang diisi material tanah. Lapisan ini harus bebas dari bahan kimia, minyak, dan material semen (beton). Tanah liat dan kerikil juga harus dibersihkan karena akan menghambat pertumbuhan dari tanaman tersebut. Dan yang paling penting material tanah yang akan dimasukkan harus berisi humus yang bagus.
Top soil (Tanah Humus)
Tanah humus yang digunakan adalah tanah yang mengandung pasir misalnya tanah katel. Untuk hasil maksimal kita juga dapat mengujicoba ke laboratorium. Komposisi yang baik untuk tanah humus sebagai berikut:
  • Mempunyai pH (keasaman) 5,5 – 7,8
  • Hantaran listrik 1:2,5 (w/v)
  • Kandungan air tidak lebih dari 1500 micromho/cm
  • Tektur tanah
  • Pasir (diameter butiran 0,05 – 2,00 mm) minimal 20% dan maksimal 75%
  • Silt (diameter butiran,002 – 0,5 mm) minimal 5% dan maksimal 60%
  • Tanah liat (diameter butiran kurang dari 0,002 mm) minimal 5% dan maksimal 30%
Pupuk Kandang
Pupuk kandang yang baik adalah sudah mencapai usia 3 bulan dan tidak berbau. Pemantauan binatang kecil dalam penggunaan pupuk kandang juga harus diperiksa terlebih dahulu agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman nantinya.
Pupuk Kompos
Pupuk kompos yang digunakan sebaiknya dipilih dari industri kompos dan holtikultura agar dapat mendapat hasil yang baik. Pupuk kompos ini juga harus bebas bau, kotoran, sampah, bekas galian, tanah liat dan jamur.
Lokasi Pencampuran Media Tanam
Kita harus menyediakan tempat untuk pencampuran media tanam yang mendukung pertumbuhan tanaman kita. Pastikan ada saluran air yang mendukung pencampuran ini. Lokasi juga harus bebas dari hama, rumput liar dan benih rumput liar, dan tidak mempunyai suatu kadar garam tinggi.
Pencampuran Media Tanam
Pencampuran ini digunakan sebagai pengisi tanah untuk pepohonan, semak dan perdu, tanaman penutup, tanaman rambat, dan area rumput. Pencampuran ini mempunyai komposisi : Tanah humus 70%, Pupuk kandang 20%, dan Pupuk kompos 10%. Pencampuran media tanam untuk lapangan golf dan lapangan tenis akan saya bahas lebih lanjut.
081343640044 tukang taman makassar
081343640044 tukang taman makassar jasa tukang taman makassar dan penyewaan tanaman hias jl.danau tanjung bunga 88. 50 mtr dari polsek tamalate/sekta 11, atau tanyakan stand "arygasebo nursery" kami memiliki 3 stand disana) cara pemesanan melalui via telpon ke 081 343640044 atau email ke cv.arygasebo@gmail.com kami melayani pemesanan keseluruh wilayah indonesia

Posting Komentar untuk "Media Tanam"